Advertisemen
Analisis SWOT adalah metode perencanaan
strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths),
kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats)
dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat
faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses,
opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan
menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis
dengan baik hubungan dari setiap aspek.
Proses ini melibatkan penentuan
tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi
faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai
tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan
memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian
menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana
kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari
peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses)
yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)
yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi
ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi
kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats)
menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Teknik ini dibuat oleh Albert
Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas
Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari
perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Ø Strenght
(S) atau disebut sebagai analisis kekuatan yakni situasi ataupun
kondisi yang merupakan gambaran kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan
pada saat ini. Yang harus di lakukan dalam mengunakan analisis ini adalah
setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan dan kelemahan yang
dimiliki kemudian dibandingkan dengan para pesaing-pesaingnya. Misalnya jika
kekuatan perusahaan tersebut unggul didalam kualitasnya, maka keunggulan itu
dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat
kualitas yang lebih baik.
Ø Weaknesses
(W) atau disebut sebagai analisi kelemahan yakni situasi ataupun
kondisi yang merupakan gambaran kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan
pada saat ini. Weaknesses merupakan cara untuk menganalisis kelemahan yang ada
dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang mana kelemahan tersebut dapat
menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
Misalnya jika perusahaan tersebut terdapat kendala dalam pemasaran yang kurang
baik, maka perusahaan harus meneliti kekurangan-kekurangan yang di miliki yang
berhubungan dengan sektor pemasaran. Agar nantinya permasalahan tersebut tidak
membuat perusahaan menjadi kalah saing dan mudur di bandingkan perusahaan
lainnya.
Ø Opportunity
(O) atau disebut sebagai analisis peluang yakni situasi atau kondisi
yang merupakan gambaran peluang yang ada dari sisi luar suatu organisasi atau
perusahaan dan gambaran tersebut dapat memberikan peluang berkembangnya suatu
organisasi atau perusahaan dimasa depan. Opportunity merupakan ananlisis yang
digunakan untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu
perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang baik dimasa kini ataupun masa yang
akan dating misalnya sebuah perusahaan industri minuman berada di daerah yang
panas yang mana daerah tersebut sangat membutuhkan minuman segar dengan harga
yang terjangkau. Maka perusahaan tersebut memiliki peluang untuk menciptaka
produk minuman yang segar dan harganya terjanggaku.
Ø Threats
(T) atau disebut sebagai analisis ancaman yakni situasi atau kondisi
yang merupakan gambaran ancaman dari suatu perusahaan atau oraganisasi dalam
menjalankan suatu usaha. Thearts merupakan cara menganalisis tantangan atau
ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi dalam
menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan yang mana ancaman
tersebut dapat menyebabkan kemunduran suatu perusahaan. Jika tidak segera di
atasi, maka ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang yang
akan dijalankan. Misalnya sebuah organisasi kelompok pengrajin rotan di daerah
pedesaan. Dengan kondisi lingkungan yang semakin moderen serta banyaknya
kebakaran hutan yang terjadi membuat mereka semakin sulit untuk memperoleh
bahan baku maka oragnisasi tersebut dapat menganalisis hal-hal apa yang
menyebapkan tantangan atau ancaman tersebut terjadi.
Manfaat
Analsis SWOT
Metode analisis SWOT merupakan
metode analisis yang paling dasar dalam melakukan analisis strategi, yang
bermanfaat untuk mengetahui suatu permasalahan ataupun suatu topik dari 4 empat
sisi yang berbeda. Hasil dari analisis ini biasanya berupa arahan ataupun
rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan suatu
perusahaan tau organisasi dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi
kekurangan yang dimiliki dan juga menghindari berbagai ancaman yang terjadi.
Jika digunakan dengan baik dan
benar, maka analisis ini akan dapat digunakan untuk membantu melihat
sisi-sisi yang terabaikankan atau tidak terlihat dari sebuah perusahaan atau organisasi.
Dari uraian diatas tadi, analisis SWOT adalah instrumen yang bermanfaat dalam
melakukan analisis strategi dalam manajemen perusahaan atau organisasi .
Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisir kelemahan atau
kekurangan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan
dampak dari ancaman yang timbul dan harus dihadapi.
Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT
http://definisipengertian.net/pengertian-analisis-swot-definisi-dan-manfaat/
Advertisemen